Thursday 3 April 2014

Menjadi mystery shopper

Gw pertama tau mystery shopper ini dari salah satu forum di internet.
Begitu baca2 cara kerja mystery shopper ini gw jadi tertarik banget, belanja kok dapat duit. Akhirnya di bulan november th lalu gw pun mendaftar di beberapa website mystery shopper yg lumayan bonafid (nggak deng, sebenarnya gw asal daftar aja saat itu)

Setelah daftar biasanya ada beberapa test kualifikasi yang mesti diikuti dulu, terutama test bahasa inggris karena apabila kita ditugaskan untuk suatu kerjaan biasanya harus bikin report yang disubmit dalam bahasa inggris.

Habis itu gw rajin tuh mantengin websitenya kali2 ada kerjaan yang lagi ditawarkan. Cuma karena gw belum pernah sekalipun dapat assigment, otomatis rating gw masih rendah sehingga hampir boleh dibilang gw gak pernah diemail atau ditawari  kerjaan dan kalopun gw menawarkan diri untuk kerjaan yg lagi ditawrkan di web, gak pernah tuh gw dapat feedback kalo kerjaan itu diassign ke gw.

Nah, Kira2 bulan maret lalu,  tiba2 gw diemail untuk suatu kerjaan dari salah satu web yang gw daftar di bulan november. Tapi setelah gw cek, ternyata bayarannya cuma berupa produk (no hepeng) untuk kerjaan yg satu ini. Berhubung gw emang suka produk itu dan dulunya pernah ngicer produk ini, akhirnya gw terima deh kerjaannya. Selain itu gw sebenarnya penasaran dan pengen coba banget kerjaan mystery shopper ini.

Awal2 gw deg-deg kan juga, karena kalau dapat assigment, biasanya ada guidance mengenai apa saja yang harus diperhatikan pada saat kita berbelanja, pertanyaan2 yg harus diajukan, ngambil foto atau tidak, bukti2 bahwa kita ke toko tersebut, bahkan kadang2 ada urut2an yg harus diikuti.

Kesan pertama? SERU!!!
God, I love it.
Kerjaan gw hanya nanya2 , ngolor ngidul, belanja (atau tidak), terus pulang deh bikin laporan. Habis itu tunggu direview dan kalau udah tinggal tunggu dibayar.

Habis dari kerjaan pertama itu, gw dapat lagi beberpa kerjaan. So far bulan april ini gw udah kerjain 2 assigment. Harapan gw sih mudah2an lancar dan makin banyak assigment yg gw dapat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjadi mystery shopper ini:
1. Read and understand the guidance carefully.
Nggak lucu kan kalo udah belanja2 pake duit sendiri taunya ada prosedur yg salah atau pertanyaan yg kurang.
2. Attention to detail.
Ini perlu banget karena hal2 kecil ini yg justru harus dimasukkan ke report.
3. Make sure the address is correct
Lebih lucu lagi kalo udah belanja taunya di cabang yg salah
4. Don't be nervous
5. Submit a good report
Report yang bagus adalah report yg detail namun tidak melenceng dari objective nya.

So far dari assigment yg sudah dinilai, rating rata-rata gw lumayan bagus 9/10.

Selain suka2 nya, tentu ada dukanya menjadi mystery shopper ini:
1. Bayarannya KECIl!!!!! Alamakjang. Biasanya cm dpt 10 sd 15 dollar sekali kerja.
2. Kalo tempatnya jauh. Ini mah cuma abisin waktu dan tenaga, bayarannya abis buat parkir dan bensin
3. Suka dadakan.
4. Bayarannya lama, bisa sampe 3 bulan.

Tapi overall cukup menghibur lah untuk pengangguran seperti gw yg sehari2 cuma ngobrol ama bantal aja.







1 comment:

  1. kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, saya punya banyak vcd pembelajar untuk anak2, barangkali mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

    ReplyDelete