Sunday 26 January 2014

Niatnya baik, cara yang salah

Banjir.....

Mungkin ada kali selama 3 minggu sebelum mulai banjir, setiap sore gw selalu ngeliatin dari jendela kantor gw bagaimana mendungnya langit Jakarta.
Dan tiap malam pasti ujan gak berhenti2 sampe pagi.

Memang tahun ini banjir di beberapa  wilayah Jakarta gak separah banjir  tahun lalu. Depan kantor gw yang tahun lalu banjirnya sampe 40-50 cm, tahun ini adem2 aja walaupun tanggul di depan sempat jebol.

Yang gw liat parah tahun ini banjirnya adalah Jakarta Utara, antara lain Kelapa Gading (ini sih sekarang langganan), Sunter, Mangga Dua, Kemayoran dan Gunung Sahari (ini masuk Jak-pus ya?).

Sebagai orang yang pernah kebanjiran 2 kali, gw kapok sekapok-kapoknya kalo sampe kebanjiran lagi. Tapi diam2 gw suka ngarepin kalo jalanan kebanjiran biar gak usah kerja hihihi.........

Habis banjir masalah yang tertinggal juga banyak.

Mulai dari bersihin rumah2 yang bekas banjir. Pengalaman gw bersihin rumah bekas banjir sungguh mengerikan, berbagai macam binatang yang gak pernah kebayang tiba2 aja numplek semua di rumah, dalam kamar tidur lagi. Belum bau got yang tertinggal di rumah biasanya butuh waktu minimal 3-4 minggu baru hilang (itupun sudah dipakein karbol berkali-kali tiap hari). Gw pernah diajarin pake kopi bubuk ditaruh di sudut-sudut rumah, tapi gak banyak membantu sih.

Trus jalanan yang rusak. Nah, Ini yang kadang2 bikin repotnya setengah mati.
Gw sendiri pernah ngalamin ban meletus (ini bukan bocor lagi ya, langsung meletus dan kempes) gara-gara menghantam lubang yang cukup dalam dengan kecepatan sedang. Belum lagi macet yang timbul karena orang-orang semua pada berhati-hati ngelewatin jalanan yang rusak.

Mengenai jalanan yang rusak ini, ceritanya gw sabtu kemaren habis makan siang di daerah Jak-ut terus mau pulang ke rumah. Muacettnya udah gak terceritakan lagi yang ternyata setelah gw lewatin, ternyata hanya  gara-gara ada lobang segede lobang buaya (lebay) di dekat lampu merah, sehingga jalanan yang seharusnya buat 3 mobil hanya bisa dilewatin 2 mobil saja.

Lagi asyiik2nya nungguin macet sambil dengerin musik, tiba-tiba ada gerobak sate padang pake sepeda yang lewat  di samping kiri mobil gw. Tadinya gw udah mikir, kok bisa-bisanya dia lewat ya, padahal celahnya udah sempit dan motor-motor aja udah mepet2an.

Tiba-tiba pas ngelewatin mobil di depan gw, terdengar teriakan kenceng, ahhhhhh....
Gw sih gak liat kejadiannya (karena lagi asyiik maen bb), cuma gw liat tuh gerobak udah jatuh dengan posisi miring dan sepedanya sudah terjungkal dengan roda ke samping. Si abang satenya sendiri udah gak jelas posisinya.
Gw langsung panik donk, pengen turun bantuin naikin tuh gerobak Tapi gimana caranya. Untung para pengemudi sepeda motor segera turun dan bantuin ngangkat gerobaknya, yang mana pas gw liat panci kuah sate padangnya sudah terguling  dan kuah sate tumpah ruah memenuhi seluruh gerobak dan tempat bakaran sate. Kaca gerobak udah lepas semua dan sate sudah pada berhamburan kemana2. Belum lagi sepedanya sendiri yang udah pasti gak bisa dipake lagi.

Terus terang gw sedih dan miris banget. Mana gw liat kayanya sih si Abang baru keluar, jadi belum laku sama sekali dagangannya. Gw perhatiin dar dalam mobil si abang tampak bingung sambil mengecek sepeda dan dagangannya, sesekali membersihkan bekas kuah sate.
Gw sedih banget ngelihatnya.

Gak pake mikir panjang lagi, gw langsung ambil dompet aja. Niatnya mau memberikan bantuan ala kadarnya (berupa uang) ke si abang tukang sate. Tapi Karena gak lama lampu hijaunya udah nyala sehingga semua pengendara sudah pada maju, gw juga ikut jalan juga. Akhirnya gw parkir di deket salah satu minimart di situ.
Gw samperin abangnya sambil nanya2 basa-basi. Awalnya dia agak kesel keliataannya gw tanya2 gitu.
Akhirnya gw sodorin sedikit uang buat dia yang ditolak mentah-mentah. Gw masih sempet beberapa kali tetap kasih, tapi akhirnya dia bilang "serius cik, gak usah", akhirnya gw tinggalin.

Yah, gw salah.
Gw panik dan sedih saat itu. Gw gak tega ngelihat si abang sate yang awalnya dengan penuh semangat mengayuh gerobak sepedanya dari rumah ke tempat jualan, dengan gerobak yang masih penuh dagangan ternyata ngalamin kejadian seperti itu. Niat gw hanya membantu si abang sate padang yang gw liat sabar banget nerima kenyataan walaupun yang gw kasih gak seberapa.
Gw hanya berniat baik, tapi Cara gw salah.

Semoga menjadi pembelajaran buat gw kalau tidak semuanya bisa diselesaikan dengan uang, walaupun itu berangkat dari niat baik.










No comments:

Post a Comment